Kapsul Herbal Pegagan

Kategori: Obat Herbal | 44 Kali Dilihat
Kapsul Herbal Pegagan Reviewed by admin on . This Is Article About Kapsul Herbal Pegagan

Ciri-ciri Daun Pegagan Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. Sejak zaman dahulu, pegagan… Selengkapnya »

Rating: 5.0
Harga: Rp 55.000 Rp 45.000

Order via SMS

08888507276

Format SMS : ORDER#NAMA PRODUK#JUMLAH
Pemesanan Juga dapat melalui :
SKU : hiu-36
Stok Tersedia
0.06 Kg
08-03-2018
Detail Produk "Kapsul Herbal Pegagan"

Ciri-ciri Daun Pegagan

Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.

Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit (misalnya keloid), gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan. (Sumber: wikipedia)

Tumbuhan ini enak dimakan secara langsung mentah-mentah, dengan rasa agak manis. Maka, di masyarakat Jawa Barat biasa dijadikan lalapan. Mereka menyebutnya dengan nama antanan.

Lebih rinci berikut adalah ciri-ciri pegagan:

  • Pegagan memiliki buah kecil dengan bentuk lonjang dan pipih dengan rasa pahit dan wangi. Sensai inilah yang disukai sebagai lalapan oleh masyarakat jawa barat.
  • Hidup sepanjang tahun
  • Tidak memiliki batang sejati, batang merambat dan hampir disamakan seperti bagian daun.
  • Warna bunga berupa putih dan merah
  • Tanaman ini tumbuh merambat di tanah, daunnya bulat sebesar uang koin dengan tepi agak bergerigi
  • Karena merambat, setiap batang yang menyentuh tanah biasanya muncul akar dan percabangan

Nama Lain Daun Pegagan

Pegagan tumbuh di beberapa wilayah nusantara. Masyarakat lokal pun memiliki sebutan yang berbeda-beda untuk tumbuhan ini, sebagaimana dikutip dari wikipedia.org berikut adalah nama lain pegagan beserta daerahnya:

Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok).

Manfaat Pegagan atau Antanan

Pagagan dikenal memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat pegagan (antanan) bagi siapu pun yang mengkonsumsinya, yaitu dibawah ini

1. Mengandung nutrisi dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kandungan pegagan ternyata amat kaya, ia mengandung zat yang dibutuhkan tubuh selaku antioksidan maupun zat lainnya, diantaranya:

  • Asiaticoside 40%
  • Beta Carotene 6.58 mg
  • Riboflavin 0,14 mg
  • Fosfor 30 mg
  • Tiamin 0,15 mg
  • Kalsium 170 mg
  • Potassium 414 mg
  • Niacin 1,2 mg
  • Meso-inositol
  • Asam askorbat 2.14 mg
  • Brahmic acid
  • Asam Asiatic 29-30%
  • Triternoid
  • Madecassode 1-2%
  • Asam Madecassic 29-30%

2. Sebagai bahan pengobatan tradisional maupun modern

Berabad-abad lamanya, pagagan digunakan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit di negara Indonesia, India, dan China. Pengobatan berkaitan penyembuhan aspek kognitif, luka, maupun psoriasis.

Di dunia modern, pagagan  telah diuji oleh The University of Maryland Medical Center merilis keterangannya bahwa pegagan paling sering digunakan untuk pengobatan insufiensivena kronis, varises, dan juga psoriasis.

3. Untuk Penyembuhan Luka

Masih penelitian dari India, menyimpulkan pegagan dapat membantu penyembuhan luka secara efektif. Hal ini dibyktikan dengan pemberian ekstrak pegagan terhadap hewan yang mengalami luka. Para peneliti menemukan, pemberian pegagan selam 3 hari pada hewan yang terluka ternyata telah merangsangg prolifera sel dan pembuatan kolagen untuk memperbaiki lukas tersebut.  Hasil penelitian ini dirilis dalam  sebuah jurnal pada bulan Septe,mber-Oktober 2010 dengan judul “Indian Journal of Pharmaceutical Sciences”.

4. Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Sebuah studi di India telaah melaporkan hasil penelitiannya terhadap 33 responden dengan memberinya dua ekstrak kapsul 500 mg setiap hari selama 60 hari. Hasilnya, ditemukan bahwa para responden mengalami penurunan kecemasan yang menyebabkan depresi secara signifikan.

5. Sebagai Antioksidan Penangkal Penyakit

Pegagan telah diuji oleh peneliti di Brazil, dengan melihat aspek antioksidan dan sitotoksik. Selain itu menguji kandungan pegagan yang didapati senyawa fenolat dan flavonoid.

Hasil pengujian pegagan memiliki sifat obat yaang signifikan, selain itu kandungan antioksidan memiliki kemampuan membunuh sel glikoma pada kanker payudara. Laporan ini dimuat dalam jurnal “International Journal of Molecular Sciences” 2009.

6. Menurunkan Demam

Secara tradisional, pegagan telah digunakan untuk menurunkan demam anak. Nenek moyang kita biasa menggunakan beberapa helai daun pegagan yang ditumbuh lalu dikompreskan ke dahi anak. Kandungan alami pegagan telah berkhasiat mengatasi demam.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Pegagan dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. Lancar tidaknya aliran darah akan mempengaruhi kesehatan Anda. Bahkan aliran darah yang tersumbat dapat menyebabkan seraangan jantung.

8. Memperbaiki daya ingat

Manfaat pegagan untuk otak ternyata telah dipercaya dan dibuktikan oleh pecinta obat herbal. Sehingga obat ini cocok bagi penderita kepikunan atau yang memiliki masalah daya ingat lemah.

9. Untuk kencing lancar

Seringkali kita mengalami kencing yang tersendat dan menyebabkan sakit. hal itu disebabkan oleh sumbatan di saluran kecing dan juga infeksi bakteri. Maka dengan konsumsi rutin pegagan, hal itu dapat di atasi.

10. Mengatas Alergi

ALergi itu banyak macamnya. Ada alergi makanan, suhu dingin, debu dan lain-lain. Bagi Anda yang memiliki masalah alergi, bisa mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi pegagan.

11. Manfaat Pegagan untuk Otak

Kabar baik bagi para orang tua yang menginginkan anaknya lancar dalam mengikuti pembelajaran di sekolah maupun lembaga-lembaga pendidikan. Yang sering dikeluhkan adalah intelegensia anak cenderung rendah sehingga daya ingatnya teganggu. Selain itu, anak tidak bisa konsentrasi dalam mengikuti proses belajar.

Penelitian yang dilakukan oleh B. Sathya R dkk di India, membuktikan bahwa pemberian serbuk (ekstrak) pegagan sebanyak 500 mg pada anak selama 1 bulan ternyata dapat meningkatkan IQ hingga 4,6%. Selain itu, anak yang mengikuti terapi pegagan dapat lebih berkonsentrasi, komunikatif dan periang.

Kandungan asiaticosida dapat menyebabkan hal itu semua. Selain itu, triterpenoid  dan alkaloid memberikan khasiatnya adalah untuk memberi energi bagi otak sehingga anak bisa konsentrasi dan periang.

12. Memperbaiki kesuburan

Pegagan mengaandung zat madecassosside yang membantu produksi kolagen dan membuat sel telur cepat meregenerasi. Beta karoten juga memberikan nutrisi bagi perkembangan sel telur dan sprema yang sehat.

13. Sebaiknya tidak dikonsumsi Ibu hamil dan menyusui

Ternyata, tidak semua orang boleh mengkonsumi pegagan. Dikhawatirkan kontra dengan kondisi yang ada, beberapa orang yang tidak boleh mengkonsumi pegagan adalah:

  • Wanita hamil dan menyusui
  • Penderita penyakit hati
  • Orang yang akan menjalankan operasi

akan tetapi untuk pemakain lura di seputar kulit masih diperbolehkan

Cara Mengkonsumsi Daun Pegagan

Cara mengkonsumi pegagan cukuplah mudah. Pegagan bukan tumbuhan yang sangat pait, karena masih ada rasa manis-manisnya. Bahkan beberapa orang menyukai rasa pegagan setelah mencobanya. Apalagi orang jawa barat, pegagan adalah makan sehaari-hari bagai sayuran yang dikonsumsi berbarengan di makan berat.

Oleh karenanya, cara mengkonsumi daun pegagan adalah:

  • Langsung dikonsumsi dalam bentuk daun segar sebagai lalap dan menambah nikmat selera makan Anda
  • Meminumnya dalam bentuk kapsul, dimana di dalamnya sudah ada takaran ekstrak pegagan. Hal ini dapat mempermudah orang mengkonsumi pegagan bagi yang tidak menyukai rasanya. Anda dapat meminumnya sesuaai petunjuk penggunaan dalam kemasan.

Kapsul Pegagan Herbal Indo Utama

Herbal Indo Utama, sebagai produsen herbal terkemuka di Indonesia telah memproduksi kapsul pegagan, dimana di dalamnya terdapat ekstrak pegagan yang siap diminum dan memberi banyak manfaat bagi Anda.

Dengan isi 60 kapsul/ botol, dimana tiap kapsul mengandung ekstrak pegagan 500 mg. Herba telah lulus uji Departemen Kesehatan RI dengan nomor POM TR 133 373 971.

Adapun khasiatnya adalah:

  • Menambah nafsu makan dan mengatasi gangguan pencernaan
  • Membantu proses penyembuhan luka
  • Mengobati radang dan nyeri
  • Memperlancar peredaran darah
  • Membantu meredakan epilepsi
  • Meningkatkan daya ingat (pegagan untuk otak)
  • Mengatasi tukak lambung (maag)
  • Anti Oksidan Mengatasi hipertensi
  • Menjaga kesehatan sistem syaraf (neuroprotektif)
  • Meredakan cemas
  • Menjaga kesehatan jantung (kardioprotektif)
  • Membunuh tumor dan kanker (sitotoksik)
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Untuk mendapat khasiat yang diinginkan, bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari dengan 1-2 kapsul setiap minum.

Khasiat dan reaksi penyembuhan tiap orang akan berbeda-beda, tergantung kondisi tubuh dan faktor lainnya. Oleh karenanya, untuk pengobatan penyakit yang Anda derita bisa lakukan terlebih dahulu konsultasi herbal dengan dokter herbalis kami.

 
Chat via Whatsapp